Info Terbaru 2022

Konsep Dasar Operasi Komputer

Konsep Dasar Operasi Komputer
Konsep Dasar Operasi Komputer
Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada dikala komputer dinyalakan.

Sedangkan software-software lainnya dijalankan sehabis Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melaksanakan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut ibarat kanal ke disk, administrasi memori, skeduling task, dan antar-muka user.

Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melaksanakan tugas-tugas inti umum tersebut, alasannya sanggup dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian instruksi yang melaksanakan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.

 Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memo  Konsep Dasar Operasi Komputer

Sistem komputer intinya terdiri dari empat komponen utama, yaitu perangkat-keras, aktivitas aplikasi, sistem-operasi, dan para pengguna. Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh banyak sekali aktivitas aplikasi serta para pengguna.

Kata komputer awalnya dipergunakan untuk perhitungan aritmatika, tetapi kemudian lebih dikenal sebagai pengolah data. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir selalu bekerjasama dengan aritmetika, tetapi komputer modem digunakan untuk banyak kiprah yang tidak bekerjasama dengan matematika.

Tujuan pokok dari sistem komputer yaitu mengolah data untuk menghasilkan informasi. Supaya tujuan pokok tersebut tercapai, maka harus ada elemen-eletnen yang mendukungnya. Elemen-elemen dan sistem komputer yaitu software, hardware dan brainware.
  1. Hardware (perangkat keras) yaitu peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan sanggup dijamah, ibarat monitor, keyboard, mouse dan lain-lain.
  2. Software (perangkat lunak) yaitu aktivitas yang berisi penintah-perintah untuk melaksanakan pengolahan data, Software terdiri dari : a) Sistem operasi: DOS, Iinux, Windows, Mac, dan lain-lain ; b) Bahasa pemrograman: .Visual Basic, C++, Pascal, Java, Visual C, dan lain-lain ; c) Aplikasi: MS Office, Antivirus, Winamp, Mozilla, dan lain-lain
  3. Brainware adalah insan yang terlibat dalam mengoprasikan serta mengatur system komputer
Tujuan mempelajari sistem operasi semoga sanggup merancang sendiri serta sanggup memodifikasi sistem yang telah ada sesuai dengan kebutuhan kita, semoga sanggup menentukan alternatif sistem operasi, memaksimalkan penggunaan sistem operasi dan semoga konsep dan teknik sistem operasi sanggup diterapkan pada aplikasi-aplikasi lain.

Sistem operasi memiliki tiga sasaran utama yaitu kenyamanan — menciptakan penggunaan komputer menjadi lebih nyaman, efisien — penggunaan sumber-daya sistem komputer secara efisien, serta bisa berevolusi — sistem operasi harus dibangun sehingga memungkinkan dan memudahkan pengembangan, pengujian serta pengajuan sistem-sistem yang baru.
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90