Info Terbaru 2022

Pengertian, Ciri Dan Jenis Optical Disk

Pengertian, Ciri Dan Jenis Optical Disk
Pengertian, Ciri Dan Jenis Optical Disk
Zaman Now sudah tidak abnormal lagi dengan yang namanya komputer? Ada 1 bab penting yang ada didalam komponen sebuat komputer/ notebook yakni Optical Disk. Apakah sudah mengetahui apa itu Optical Disk? Apa Ciri Optical Disk? dan Apa saja jenisnya?? Jika tidak mengetahui kami bantu jelaskan..!!

Pengertian Optical Disc

Optical Disk merupakan salah satu media penyimpanan data eksternal yang berkerjasama dengan komputer/ notebook. Optical disc (piringan optik) yaitu sebuah perangkat keras yang memakai sinar laser atau gelombang elektromagnetik bertenaga rendah untuk melaksanakan proses pembacaan (reading) dan optical disc dan juga pada penulisan (writing) data.

Optical disc sanggup menampung data hingga ratusan bahkan ribuan kali daya tampung disket. Piringan optik sanggup berupa CD atau DVD. Beberapa drive hanya bisa membaca data pada disk, namun teknologi ketika ini memperbolehkan sebuah drive untuk melaksanakan pembacaan maupun penulisan pada drive.

Ciri-Ciri Optical Disc
  • Menggunakan laser untuk membaca data
  • Dapat dipakai untuk menyimpan data yang volumenya sangat besar
  • Dapat membaca dengan cepat
Jenis-Jenis Optical Disc

Teknologi dan jenis-jenis dari optical disc majemuk tergantung dari materi pembuatannya maupun perkembangan teknologi terbarunya. Ada beberapa Jenis optical disc ketika ini, dimulai dari CD, DVD, Blu-ray, hingga ketika ini ada yang terharu dan optical disc yaitu FM Disc. Berikut klarifikasi jenis-jenis optical disc :

1.Compact Disc (CD)

CD (compact disc) atau laser optical disc merupakan jenis piringan optik generasi pertama kali yang muncul sebelum adanya DVD). Pembacaan dan penulisan data pada piringan ditangani melalui sinar laser. Oleh alasannya yaitu itu kecepatan kanal CD jauh lebih tinggi dari pada disket. Di pasaran terdapat sedikitnya tiga macam CD berbeda yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan, yaitu CD-ROM,CD-WORM, dan CD-Rewriteable.

 Zaman Now sudah tidak abnormal lagi dengan yang namanya komputer Pengertian, Ciri dan Jenis Optical Disk
Gambar : Compact Disc (CD)
  • CD ROM (Compact Disc-Read Only Memory) yaitu sebuah piringan kompak dan jenis piringan optik (optical disc) yang sanggup menyimpan data yang cukup besar. Ukuran data yang sanggup disimpan ketika ini bisa mencapai 700MB.
  • CD-WORM (Compact Disc Write Once Read Many) CD-WORM sanggup ditulisi melalui komputer. Sesuai namanya proses merekam hanya sanggup dilakukan sekali. Setelah sebuah data direkam, isinya tidak sanggup lagi dihapus atau diubah. Di pasaran CD jenis ini Iebih dikenal dengan nama CD-R (compact disc recorable). 
  • CD-RW (Compact Disc Rewriteable) CD-RW memungkinkan data yang sudah direkam sanggup dihapus dan diganti dengan data yangbaru. 
  • CD-R (CD Recordable) merupakan jenis CD yang sanggup menyimpan data menyerupai halnya disket,namun isinya tidak sanggup diubah lagi.
2. DVD (Digital Video Disc)

DVD yaitu generasi selanjutnya dan teknologi penyimpanan dengan memakai media optical disc. DVD mempunyai kapastias yang jauh lebih besar daripada CD-ROM biasa. Perkembangan teknologi DVD-ROM pun lebih cepat dibandingkan CD-ROM. 1x DVD-ROM memungkinkan rata-rata transfer data 1,321 MB/s dengan rata-rata burst transfer 12 MB/s

 Zaman Now sudah tidak abnormal lagi dengan yang namanya komputer Pengertian, Ciri dan Jenis Optical Disk
Sumber : https://id.wikipedia.org/
1) Macam-macam DVD-ROM dilihat dan transfer data

Semakin besar cache (memori buffer) yang dimiliki DVD-ROM, semakin cepat penyaluran data yang sanggup dilakukan. DVD menyediakan format yang sanggup ditulis satu kali ataupun Iebih, yang disebut dengan Recordable DVD, dan mempunyai 6 versi, yaitu :
  • DVD-R for General, hanya sekali penulisan 
  • DVD-R for Authoring, hanya sekali penulisan 
  • DVD-RAM, sanggup ditulis berulang kali 
  • DVD-RW, sanggup ditulis berulang kali 
  • DVD+RW, sanggup ditulis berulang kali 
  • DVD+R, hanya sekali penulisan
2) Kompatibilitas jenis recorder dengan jenis disc

Setiap versi DVD recorder sanggup membaca DVD-ROM disc, tetapi memerlukan jenis disc yang berbeda untuk melaksanakan pembacaan. Kompatibilitas antara jenis recorder dengan jenis disc sanggup dilihat pada uraian di bawah ini.
  • DVD unit
  • DVD-RAM unit
  • DVD-R(G) unit
  • DVD+RW unit
  • DVD-R(A) unit
  • DVD-ROM
  • DVD-RW unit 
3) Kemampuan DVD dilihat dari jenisnya

Kemampuan DVD sanggup dilihat dari jenisnya yaitu sebagai berikut antara lain:
  • Single-side, single layer kapasitas 4,7 GB
  • Double-side, single layer kapasitas 8,5 GB
  • Single-sided, double layer kapasitas 9,4 GB
  • Double-sided, double layer kapasitas 17 GB
3. Blu-ray Disc

Blu-ray merupakan sebuah format optik yang berfungsi untuk menyimpan media digital, temiasuk video berkapasitas tinggi. Teknologi Blu-ray yaitu format disc optik yang merupakan perkembangan dan CD dan DVD. Keunggulan dan Blu-ray yaitu pada kapasitas lapisan sided Blu-ray disc, yaitu lebih besar 35 kali dan CD dan lebih besar lima kali dan DVD. Kapasitas Blu-ray disc dual layer mempunyai kemampuan menyimpan data hingga dengan 50 GB per keping.

 Zaman Now sudah tidak abnormal lagi dengan yang namanya komputer Pengertian, Ciri dan Jenis Optical Disk
Sumber : https://id.wikipedia.org/
Selain itu, spesifikasi Blu-ray dalam kecepatan membaca tiga kali lipat lebih cepat dibandingkan DVD. ini mengarah ke video kualitas tinggi dan audio jernih, hal yang penting dalam aplikasi HDTV.

Teknologi multi-layering telah diadaptasi dengan kemampuan double Blu-ray disc dalam aplikasi standar dan ada versi eksperimental ditampilkan hingga dengan sepuluh kali lipat peningkatan dalam ruarig penyimpanan. Manfaat embel-embel Btu-ray player melalui pemutar DVD termasuk konektivitas internet untuk men-download subtitle dan update fitur &built-in Java virtual machine.

Teknologi Blu-ray memanfaatkan sinar laser ungu-biru untuk membaca dan menulis data padadisc optik. Sebuah optik Blu-ray disc mcmiliki kapasitas media penyimpanan data 25 Gb singlelayer.

4. Fluorescent Multilayer Disc (FM Disc)

Fluorescent Multilayer Disc (FM Disc) merupakan jenis optical disc yang sanggup menampung data berkapasitas 140 GB sekaligus, derigan kecepatan baca data hingga 1 GB per detik. FM Disc berbeda dengan optical disc lainnya yang beredar ketika ini. Warnanya tidak keperakan atau keemasan, melainkan bening menyerupai plastik transparan.

 Zaman Now sudah tidak abnormal lagi dengan yang namanya komputer Pengertian, Ciri dan Jenis Optical Disk
Gambar : Fluorescent Multilayer Disc (FM Disc)
1) Keistimewaan Fluorescent Multilayer Disc

Karena FM disc merupakan teknologi terbaru, maka teknologi ini mempunyai beberapa keistimewaan antara lain sebagai berikut :
  • Multilayer Masing-masing belahan mempunyai lebih dari satu layer atau lapisan. Bahkan lebih dari 10 lapisan sekaligus. Tepatnya yaitu 12 lapisan pada FM Disc yang dikembangkan pada tahap awal.
  • Aplikasi Banyak sekali aplikasi yang sanggup memakai teknologi ini, menyerupai game, musik, film, dandata pekerjaan. Satu keping FM Disc bisa menampung Iebih dan 10 film DVD
2) Jenis-Jenis FMD

Ada tiga jenis teknologi FM Disc yang telah simpulan dikembangkan
  • FM Disc ROM FM Disc ROM banyak dipakai untuk kepentingan produksi, baik film maupun piranti lunak. Kapasitas penyimpanan yang besar menciptakan kualitas film menjadi lebih baik. Kehadirannya sangat besar lengan berkuasa khususnya untuk piranti lunak menyerupai game console dan piranti lunak lainnya.
  • FM Disc WORM (Write Once Read Many) FM Disc WORM merupakan belahan yang sanggup diisi dengan sendiri. optical disc inilah yang nantinya dipergunakan sebagai media back-up.
  • FM Card atau Clear Card FM Card sebenamya merupakan sebuah FM Disc yang dilapisi oleh bab luar yang berbentuk kartu kecil. Kepingan yang ada di dalam Clear Card yaitu belahan berdiameter 50 mm, atau 5 cm.
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90