- Soal UKK Pemograman Dasar Kelas X - Dalam waktu sangat akrab ini akan segera dilaksanakan Ujian Kenaikan Kelas (UKK) jenjang SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA dan SMK. Karena itu untuk adik-adik perbanyaklah berguru soal-soal dari Materi Pelajaran yang sudah diberikan di Semester 2 alasannya yakni ini memilih apakah lulus dan melanjutkan ke tingkat berikutnya.
Kali ini akan membagikan Soal UKK Sekolah Menengah kejuruan Pemograman Dasar Kelas X jurusan TKJ berjumlah 40 Soal Pilihan Ganda dan 5 Soal Essay. Untuk soalnya sanggup dilihat dibawah ini :
1. Dalam menyusun suatu program,langkah pertama yang harus dilakkukan yakni :
a. Membuat program
b. Membuat Algoritma
c. Membeli komputer
d. Proses
e. Mempelajari program
2. Sebuah mekanisme langkah demi langkah yang niscaya untuk menuntaskan sebuah duduk perkara disebut :
a. Proses
b. Program
c. Algoritma
d. Step
e. Diagram
3. Pseudocode yang dipakai pada penulisan algoritma berupa :
a. Bahassa Inggris
b. Bahasa Puitis
c. Bahasa pemograman
d. Sembarang bahasa asal terstruktur
e. Bahasa Mesin
4. Pada pembuatan kegiatan komputer, algoritma dibentuk :
a. Sebelum pembuatan program
b. Pada dikala kegiatan dibuat
c. Sesudah pembuatan program
d. Pada dikala verifikasi program
e. Pada dikala dijalankan
5. Tahapan dalam menuntaskan suatu duduk perkara yakni :
a. Masalah-Pseudocode-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil
b. Masalah-Algoritma-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil
c. Masalah-Model-Algoritma-Eksekusi-Hasil
d. Masalah-Model-Algoritma-Program-Eksekusi-hasil
e. Algoritma-Program-Model-Eksekusi-Hasil
6. Diketahui bahwa kantong P kosong. Kantong Q berissi 10 buah kelereng dan
kantong R berisi 15 kelereng. Apabila yang
terbawa hanya sebuah kantong dan di
katakan BUKAN kantong P yang terbawa,
Maka jumlah kelereng yang terbawa yakni :
a. 10
b. 15
c. 10 atau 15
d. 10 dan 15
e. Kosong
7. Diberikan algoritma : Apabila warna merah maka jadi hijau. Apabila warna hijau maka jadi putih, selain warna merah dan hijau maka jadi ungu. Jika kondisi input warna yakni hitam, maka warna jadi :
a. Merah
b. Ungu
c. Hijau
d. Putih
e. Abu-abu
8. Instruksi P=Q akan menjadikan nilai P=nilaiQ,dan nilai Q menjadi :
a. Menjadi Sembarang Nilai
b. Menjadi hampa
c. Q tetap
d. Menjadi 10
e. P tetap
9. Apabila a=5, b=10, maka kalau di berikan kode a=b; b=a akan menjadikan :
a. a=0 , b=5
b. a=10 , b=5
c. a=10 , b=0
d. a=b
e. a=10 , b=10
10. Di berikan algoritma P=10; P=P+5; Q=P. Nilai P dan Q masing-masing yakni :
a. 15 dan 0
b. 0 dan 15
c. 15 dan 15
d. 0 dan 10
e. 10 dan 15
11.struktur pertama dalam pascal yakni . .
a. Char;
b. String
c. End.
d. Writeln
e. Uses crt;
12. Untuk melihat hasil dari kegiatan yang di kerjakan tekan tombol ...
a. CRTL+F5
b. CRTL+F9
c. CRTL+F2
d. CRTL+F12
e. CRTL+F4
13. Berapa kode yang dipakai untuk menciptakan goresan pena berwarna “CYAN”…
a. 4
b. 2
c. 128
d. 7
e. 3
14. Perintah dasar sederhana dalam kegiatan passcal adalah...
a. Readln
b. End
c. Write
d. Wtiteln
e. Uses crt;
15. Tipe data bahasa pascal untuk TRUE FALSE adalah...
a. String
b. Char
c. Boolean
d. Byte
e. Real
16. dibawah ini yakni bentuk kepala kegiatan yang benar di dalam pascal…
a. Program Luas Persegi
b. Program luas persegi:
c. Program Luas_persegi;
d. Program_luas_persegi”
e. Program
17. Struktur bahasa pemograman pascal paling pertama adalah...
a. Var;
b. Begin
c. End;
d. Uses crt;
e. Writeln;
18. Tipe data pascal untuk aksara adalah...
a. Char
b. Boolean
c. Integer
d. Real
e. Byte
19. Tipe data untuk bilangan pecahan decimal adalah….
a. Boolean
b. Integer
c. Real
d. Long Integer
20. Apa kepanjangan ari USES…
a. Unit secure
b. Unit syntax
c. Unit sytem
d. Up software
e. Unit smiconductor
21. Berikut ini yakni penulisan identifier yang benar dalam pemogramn pascal adalah...
a. 9program_satu
b. Program_1
c. Program satu
d. Begin
e. Array
22. Tipe bilangan lingkaran dalam bahasa pascal dikenal sebagi ...
a. Byte
b. Integer
c. Char
d. String
e. Boolean
23. Istilah” perulangan “ dalam pemograman pascal dikenal dengan ...
a. Repeating
b. Again
c. Funtion
d. Replay
e. Looping
24. Perintah untuk menutup kegiatan dalam
pascal adalah...
a. End.
b. Program
c. Uses crt;
d. Finish
e. End;
25. Menggambarkan kegiatan secara kebijaksanaan merupakan fungsi dari...
a. Flowchart
b. Dxdiag
c. Begin
d. SI
e. Sistem oprasi
26. Deklarasi yang dipakai untuk mengidentifikasikan data yang nilainya sudah ditentukan dan pasti,tidak sanggup dirubah dalam kegiatan disebut deklarasi...
a. Deklarasi label
b. Deklarasi konstanta
c. Deklarasi tipe
d. Deklarasi variabel
e. Deklarasi prosedur
27. Di bawah ini termasuk dalam deklarasi dalam pascal ,kecuali...
a. Deklarasi perubah
b. Deklarasi proses
c. Deklarasi konstanta
d. Deklarasi tipe
e. Deklarasi prosedut
28. Bilangan yang mengadung pecahan ,palingsedikit harus ada satu digit sebelum dan setelah titik desimal termasuk dalm tipe data...
a. Real
b. Boolean
c. Integer
d. Longint
e. Byte
29. Prosedur yang dipakai untuk membersihkan layar dikala kegiatan dijalankan adalah...
a. Writeln
b. Readln
c. Begin
d. Write
e. Clrscr
30. Bentuk dari suatu statment IF berada di dalam lingkungan statmean IF yang lainya,disebut IF dalam kondisi ...
a. IF bersarang
b. IF bercabang
c. IF tunggal
d. IF-THEN
e. IF do while-Until
31. Tipe data terstruktur yang terdiri dari sejumlah komponen ,komponen yang memiliki tipe sama,disebut tipe data...
a. Array
b. Byte
c. Longint
d. Integer
e. Boolean
32. Perintah untuk menampilkan atau cetak dilayar monitor tanpa pindah baris ,disebut...
a. Writeln
b. Write
c. Readln
d. Read
e. Begin
33. Perintah untuk menampilkan atau mencetak dilayar monitor kemudian pindah baris kebawah ,disebut...
a. Writeln
b. Write
c. Readln
d. Read
e. Begin
34. Suatu indentifier non standar yang nilainya tidak tetap atau nilainya merupakan hasil dari suatu proses,disebut…
a. Variabel
b. Ripe data
c. prosedur
d. deklarasi
e. Array
35. Suatu kegiatan terpisah dalam blok sendiri yang berfungsi sebagai subprogram ( kegiatan bagian) ,disebut...
a. Variabel
b. Tipe data
c. Prosedur
d. Deklarasi
e. Array
36. Berikut ini yang termasuk operator aritmatika yaitu ….
a. *
b. /
c. %
d. +
e. Semua benar
37. Array terdiri dari banyak sekali tipe kecuali …
a. Array Multi-Dimensi
b. Array Dimensi Satu
c. Array Dimensi Tiga
d. Array Dimensi Dua
e. Semua tanggapan benar
38. Nama variabel berikut ini yang benar yakni …
a. NamaGuru
b. Alamat Guru
c. alm gr
d. sts/status
e. tpt.tgl
39. Tipe data yang cocok untuk menyimpan data nama siswa yakni …
a. Numeric
b. Character
c. Date/Time
d. Array
e. Integer
40. Pemberian nama variabel yang benar yakni …
a. %nilai
b. nilai mahasiswa
c. nama mahasiswa
d. &panjang
e. 1nama
II. Essay !
1. Jelaskan 3 Jenis Software
2. Sebutkan 3 referensi dari bahasa pemrograman
3. Apakah yang dimaksud dengan variable dan konstanta
4. Buatlah Program luas persegi panjang di dalam pascal
5. Buatlah kegiatan luas lingkaran di pascal
Itulah kiranya untuk Soal UKK Sekolah Menengah kejuruan Pemograman Dasar Kelas X (10). Semoga bermanfaat. Bagi yang membutuhkan dalam format Word untuk di cetak dan menjadi Bahan latihan sanggup didapatkan dengan gampang melalui tautan link berikut ini :
Download Soal UKK Pemograman Dasar Kelas X
Itulah Informasi dan membuatkan file pada kesempatan kali ini, jangan lupa dibagika ke rekan, teman, kerabat yang lain agar lebih bermanfaat. terima kasih.
Advertisement